Thursday, September 24, 2020

Apa itu HandBrake dan bagaimana cara menggunakannya?

 

Handbrake merupakan salah satu aplikasi untuk kompres video. Cara menggunakan handbrake untuk mengompres video ternyata tidaklah sulit. Banyak sekali aplikasi kompres video yang bisa kita gunakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Tentu saja setiap masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tidak pasti aplikasi berbayar akan selalu lebih bagus daripada aplikasi yang gratis. Salah satu aplikasi kompres video gratis namun memiliki kualitas yang baik adalah Handbrake.

Aplikasi ini selain gratis juga dapat berjalan di berbagai sistem operasi. Seperti Windows, Linux, bahkan Mac OS. Dengan menggunakan Handbrake kita dapat mengatur sendiri kualitas dan ukuran video yang dihasilkan.

Berikut ini cara kompres video menggunakan Handbrake tanpa mengurangi kualitas:

  1. Jika kita belum memiliki aplikasi ini. Tentunya kita harus mengunduh Handbrake secara gratis terlebih dahulu.
  2. Setelah itu instal aplikasi tersebut di komputer kita. Proses penginstalannya juga cukup mudah, kita hanya perlu menekan tombol next dan ikuti perintah yang ada.
  3. Setelah aplikasi Handbrake terpasang. 
  4. Setelah selesai coba buka folder hasil kompres video tadi. Bisa kita lihat bahwa video hasil kompres dapat berkurang sebesar 50% dari ukuran aslinya.
Selamat mencobaπŸ˜‰

No comments:

Post a Comment

Belajar TIK Kelas 1 "Mengenal Bagian-Bagaian Komputer/Laptop " Part II

  Assalamu'alaikum wr. wrb.  Hello guys! How are you today? Semoga kalian selalu sehat dan tetap semangat yaa #aamiin 😊 Oya, pada kesem...